WEDANG TAHU - NIKMAT SAAT BERBUKA PUASA

Sangatlah tepat, penjaja kuliner yang satu ini jualan di bulan Ramadan. Namanya Wedang Tahu, minuman sari kedelai hangat, nikmat sekaligus menyehatkan itu dijajakan Ida Fitria di area parkir Purawisata Yogyakarta. Berbekal niat dan kemauan keras membuka usaha kuliner, Ida meneguhkan tekad menjadi pedagang kaki lima di area parkir Purawisata.
"Status saya sebagai reseller, karena belum bisa membuat wedang tahu ini. Jadi saya ambil dari kantor 'Tahu Pong Wedang Tahu" di Jalan Magelang Yogyakarta yang kemudian saya jual pada awal bulan Ramadhan kemarin," ujarnya.
Ida menuturkan, pembuat atau pemilik "Tahu Pong Wedang Tahu" menyajikan menu itu dari Semarang ke Yogya. Menurutnya menu tersebut berasal dari Tiongkok yang dibawa oleh imigran China ke Indonesia di akhir abad 19. Tidak heran jika kebanyakan pembelinya orang-oarang keturunan China.
Wedang tahu kuahnya dari sari jahe, pudingnya terbuat dari sari kedelai yang dikentalkan sehingga menjadi sepeti puding berwarna putih. Rasanya lembut dan sedikit gurih, namun jika dipadukan dengan hangat kuah jahe dan manis dari juruh gula putih tentu menjadi perpaduan yang enak, segar dan menyehatkan. Penikmat kuliner juga dapat menjadikan menu minuman ini sebagai menu untuk berbuka puasa selain kolak atau jenang. Harga semangkok kecil wedang tahu, pembeli hanya perlu membayar Rp. 5.000 saja. Setiap hari, mulai pukul 16.30 hingga 21.30 WIB Ida sudah berjualan di depan Purawisata.
"Jajanan sehat ini laris jika menjelang buka puasa dan kebanyakan pembeli minta dibungkus dengan gelas plastik untuk dibawa pulang," kata ibu satu anak yang tinggal di daerah Gondomanan. Beberapa khasiat wedang tahu selain menyehatkan badan, juga dapat mengusir masuk angin, capek, lemah, letih, lesu, mencegah dan mengobati panas dalam. Selain itu, wedang tahu juga bisa menambah stamina untuk kaum pria, membantu perawatan kulit dan rambut serta sangat baik dikonsumsi bagi wanita yang sedang hamil. "Semuanya itu karena kandungan protein nabati yang dimiliki kedelai dan jahe yang bermanfaaat sebagai penghangat tubuh," ujarnya. Wedang Tahu merupakan jajanan yang sehat dan berkhasiat. Sehinga dapat menjadi minuman alternatif lain selain wedang ronde. "Karena masih menjadi sesuatu yang baru, saya berharap ke depan wedang tahu semakin digemari," ucap ida seraya menambahkan bahwa pembelinya itu kebanyakan warga pendatang dari Semarang, Surabaya, Jakarta dan Sumatera.