Rica-rica Bebek ala Manado...Nyam Nyam..

RICA-RICA bebek ala Manado? Hmmm bagaimana ya rasanya... Mungkin itu yang banyak muncul di benak orang yang mempertanyakan rasanya. Biasanya rica-rica itu, rasanya pedas campur manis. Namun rica bebek ala Manado ini, selain pedas juga ada rempah-rempah, sehingga bisa menghangatkan badan.
Pemilik Spesial Bebek Yogya (SBY) Thea Riskia mengatakan, rica bebek yang dihidangkan, memang beda dengan rica-rica yang ada di Yogya dan
sekitarnya. Bahkan bumbu-bumbunya pun beda, karena ada jahe dan sere yang akan menghasilkan rasa, serta aroma rempah-rempah.

"Pedasnya memang tidak kami buat pedas sekali, supaya pecinta kuliner tetap bisa menikmati. Karena kalau terlalu pedas, kurang bisa menikmati dagingnya. Memang kami ingin menghidangkan bebek yang beda dengan yang lainnnya," kata Thea.
Cara mengolah rica bebek ala Manado, ada beberapa tahap. Bebek terlebih dahulu dimasak. Setelah itu digongso dengan bumbu rica seperti bawang merah, bawang putih. Untuk memberikan rasa rempah, ditambah jahe dan sere. Sebelum diangkat, masakan dibubuhi daun melinjo, kemangi dan jeruk purut.

"Daunnya jangan terlalu lama masaknya, supaya terlihat segar dan aroma cukup tajam. Rasa dagingnya pun juga empuk, dan bumbunya merasuk karena sebelum digongso sudah dimasak dulu," bebernya.
Di samping bebek rica, Spesial Bebek Yogya yang terletak di Jalan Palagan Km 8 Sleman ini, juga menyajikan bebek ungkep, lombok ijo dan kremes. Bebek ungkep ini, rasanya manis dan gurih. Cara memasaknya tidak hanya sekadar direbus saja, namun airnya sampai habis sehingga bumbunya merasuk ke dalam daging.

"Bumbunya standar, yaitu bawang merah, bawang putih, ketumbar dan daun salam. Untuk memberikan rasa gurih cukup dikasih garam saja. Supaya merasuk ke dalam daging, direbus hingga airnya habis," terangnya.
Untuk menu bebek lombok ijo dan bebek goreng kremes, seperti biasa yaitu hanya digoreng. Bebek lombok ijo hanya ditambah sambel lombok ijo.

Sebagai penutup hidangan dan penawar rasa pedas, pecinta kuliner bisa memesan es SBY, yaitu es campur dengan buah-buahan, serta ada puding dan susunya. (Saifullah Nur Ichwan)