SOTO BEBEK PAK KENTHUNG'S

Soto merupakan, menu populer di seantero nusantara. Hampir setiap daerah memiliki cita rasa khas sendiri-sendiri, begitu juga tampilannya. Nah, bagi para penggemar soto, cobalah mampir ke soto bebek Pak Kenthung's, warung soto di Jalan Gereja, Gombong, Kabupaten Kebumen. Warung ini menawarkan cita rasa soto yang berbeda. Begitu kita menyantapnya, terasalah perpaduan kekhasan soto Sokaraja dan soto Gombong. Apalagi daging bebeknya, begitu menggelitik untuk dicicipi.
Pemilik warung Edi Kurniawan (38), merupakan chief di sebuah kapal pesiar. “Di Perancis atau di China dan di negera Eropa lainnya, bebek adalah hidangan istimewa yang harganya selangit,” ujar pria yang memang pernah melanglang buana ke berbagai negara saat menjadi chief di sebuah kapal pesiar ternama selama bertahun-tahun. Berbekal pengalamannya itulah, daging bebek yang dikenal alot dan amis mampu ia sajikan dalam hidangan lezat soto bebek. Aroma rempah-rempah yang menjadi bumbu utama menjadikan soto bebek tersebut menggoda selera. Kepiawaian Edi meracik menu, menjadi jaminan rasa istimewa dari  warung soto di pinggir jalan menuju Benteng Van Der Wicjk Gombong itu. Perpaduan soto Sokaraja dan soto Gombong, bisa dinikmati dari bumbu kacang dan bergedel gethuk singkong goreng.
Di tangan pria tambun yang biasa dipanggil Kenthung ini, daging bebek di dalam soto begitu menggoda selera. Tidak ada aroma amis, apalagi kenyal atau alot. "Kami memakai resep tradisional, jadi cita rasanya khas," ujar Edi yang mengandalkan rempah-rempah, sehingga daging bebek berikut kuah sotonya terasa lezat.
Soto bebek, disajikan dengan kerupuk dan dihiasi ceker bebek. Bagi yang menginginkan nasi atau lontong, tersaji terpisah. Disediakan pula irisan jeruk nipis. Setelah disantap, hmmmmm... rasanya sangat nikmat. Dagingnya sungguh empuk dan sama sekali tidak ada rasa amis. Bumbu rempahnya terasa segar menyeruak di dinding mulut. Sementara untuk penghilang haus, tersedia aneka minuman. Mulai es campur, es jeruk, lemon tea hingga es teh.
Selain soto bebek yang hanya Rp. 5.000 per porsi, Edi juga menyajikan kelezatan daging bebek yang dibuat rica-rica dengan harga Rp. 7.500 per porsi. Tak heran jika hanya dalam waktu singkat, kedai soto bebek Pak Kenthung sudah ramai dikunjungi pelanggan. Ini bisa dilihat dari deretan motor dan mobil yang parkir di depan warung yang berada sekitar 200 meter selatan RS Palang Biru Gombong itu.  “Kami sangat bersyukur karena respon masyarakat sangat bagus,” kata dia rendah hati.