Warung Soto Pak Kenthus, Cara Unik Nikmati Kalkun

BANTUL (KRjogja.com) - Khazanah kuliner di Yogyakarta tak pernah surut dan selalu menyajikan keunikan dengan citarasa istimewa. Salah satunya di Manding, Trirenggo, Kabupaten Bantul milik Kentus. Warung sederhana ini menyajikan santapan tak lazim namun menggugah selera yaitu Soto Kalkun, rica-rica sampai sego wiwit.

Menurut Kenthus warungnya dibuka sejak tahun lalu dan awalnya menyajikan bakmi jawa kalkun karena ayam khas bule ini tak lazim disantap masyarakat awam. Namun, memberi rasa istimewa ketika disantap. Bahkan, mengandung banyak manfaat seperti rendah lemak dan kolesterol. Ditambah memiliki kandungan protein tinggi.

"Kadar protein diatas daging ayam serta dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh. Kaya akan vitamin B. Untuk soto hampir sama dengan bahan lain namun kuahnya lebih gurih karena berbahan baku kaldu dan suwiran ayam kalkun. Bahkan, tanpa campuran rasanya gurih dan semakin nendang," ujarnya setengah promosi, Minggu (17/6/2012).

Kenthus menjelaskan rasa gurih itu berasal dari dada kalkun yang menyimpan lemak namun tetap 'baik' bagi kesehatan para penyantapnya. Tak heran dalam sehari mampu menghabiskan dua ekor ayam kalkun. Sedangkan harganya cukup ekonomis karena seporsi soto hanya Rp5 ribu. Untuk sego wiwit Rp5 ribu dan rica-rica Rp10 ribu. (Fir)