Sensasi Pedas Aneka Level Ceker Setan

SLEMAN (KRjogja.com) - Bagi penggemar ceker tentunya tidak akan melewatkan menu andalan yang disajikan Warung Makan 99 Bu Murni yaitu Ceker Setan. Ceker setan atau kaki ayam yang terdiri dari ceker penyet dan ceker gulai ini merupakan menu makanan bagi penggemar ceker sekaligus penyuka masalakan pedas, namun tidak perlu khawatir karena tingkat kepesannya sesuai selera.

"Saya menyajikan ceker dalam berbagai macam masakan seperti ceker bakar, sop ceker, ceker goreng tepung dan ceker penyet dan gulai penyet. Untuk ceker penyet dan gulai penyet saya namakan dengan nama ceker setan," ujar Pemilik Warung Makan 99 Bu Murni, Novi Murdiani di Jalan Anggajaya 2/159, Condongcatur Yogyakarta, Minggu (15/7).

Novi mungungkapkan bagi sebagian orang mungkin merasa enggan mengkonsumsi ceker ayam, tetapi banyak juga yang menganggap ceker sebagai makanan favoritnya dan ada sensasi tersendiri menikmati ceker. Dari situlah Novi terinspirasi untuk menghadirkan ceker setan ini, dan yang lebih menarik pengunjung bisa merasakan sensasi lain menikmati ceker yang pedas hingga super pedas.

"Pengunjung juga bisa memesan tingkat pedas sesuai keinginan. Ada lima level pedas yang disediakan yaitu level satu dengan lima cabai, level dua dengan tujuh cabai,level tiga dengan sembilan cabai, level empat dengan 11 cabai dan level lima dengan 13 cabai. Jadi rasa pedas ceker setan murni dari cabainya bukan pedas merica," paparnya.

Lebih lanjut dikatakanya dari sisi kesehatan, ceker ini justru banyak manfaatnya dan apabila diolah dengan baik, nikmatnya pun tak kalah dengan daging ayam. Untuk menghilangkan lemak, dalam prosesnya juga dicampur dengan kunir. Sedangkan untuk sambal juga disesuaikan dengan keinginan pengunjung. Hal yang sama juga untuk gulai ceker.

"Kami memilih menggunakan ceker ayam kampung dan ayam potongyang diungkep dengan rempah-rempah khas Indonesia selama beberapa jam supaya empuk," imbuhnya

Satu porsi ceker setan maupun gulai setan dibandrol dengan harga Rp5.000 dilengkapi dengan nasi dan lalapan. Lalapan ini untuk menetralisir rasa pedas, misalnya kol putih dan mentimun untuk mentralisir pedas. Selain itu pengunjung bisa memilih aneka menu dari ceker lainnya yang tidak kalah nikmat dan terjangkau harganya. (Fir)