Warung Makan Suwarni - KLATEN

Terletak di antara Yogyakarta dan Solo, Klaten menyimpan berbagai kuliner menarik yang patut dicoba.

Bebek goreng di Klaten begitu khas. Sebelum digoreng, bebeknya dimasak bumbu bacem lebih dahulu. Warung Makan Suwarni lah penyaji bebek bacem goreng terkenal di kota Klaten ini. Sejak tahun 1953, warung ini memiliki pelanggan turun -temurun, begitupn pemiliknya. Generasi ketiga yang penerus usaha ini, Suwarni (50), masih mempertahankan resep dan menu yang diturunkan padanya. Warung makan Bu Suwarni ini memang tipikal bisnis keluarga. Sejak berdiri, manajemen warung ini tidak jauh-jauh dari sentuhan keluarga besarnya. Selain bebek bacem, disini juga tersedia soto bebek sebagai pelengkap bebek bacem yang tak kalah istimewanya.

Baceman khas Jogja dengan rasa manis yang agak kuat. Bumbu bacemnya merasuk hingga menyentuh bagian paling dalam dari daging bebek yang tekstur seratnya lebih kentara dibanding daging ayam.

Bebek bacem goreng disajikan bersama nasi hangat, lalapan, plus sambal khas yang rasanya semu manis. Daging bebeknya memiliki tekstur yang lembut, rasanya manis-gurih sampai tulang. Keistimewaan rasa bebek dihasilkan dari proses masak yang lamanya hingga 5 jam dengan bumbu dasar. Setelah itu daging bebek kembali direbus dalam bumbu bacem selama 5 jam lagi. Bumbu bacemnya antara lain bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan gula jawa.

Biasanya pembeli menyandingkan bebek bacem bersama soto bebek. Uniknya ada dua macam soto di warung ini yakni berkuah dan kering. Soto berkuah tersaji dalam mangkok berisi taoge, kol, hati-ampala, dan daging bebek. Kuahnya terasa ringan hasil kaldu bebek yang dimasak bersama bumbu bawang merah, bawang putih dan sedikit kunyit. Sedangkan soto kering disajikan di piring dengan isi yang sama, namun tanpa kuah. Pengganti kuah dalam soto kering adalah kecap manis. 

Harga soto kuah maupun kering Rp. 6.000,-. Sedangkan bebek bacem lengkap bersama nasi dan lalap harganya RP. 26.000,-. Tak sedikit pembeli memesan untuk dibawa keluar kota, maka Suwarni juga menjual bebek bacem per ekor yang dihargai Rp. 95.000,-. Sedikitnya 30 ekor bebek terjual setiap hari. Warung ini dapat menampung 30 pengunjung. Buka pukul 7.00 - pukul 21.00. Dengan alamat : di Tegalharjo, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah (Sebelah barat stasiun Prambanan).Telp. 0274-498229.