Nasi Tumpang Bramen - KLATEN

Sambal tumpang di Klaten dikenal oleh masyarakat setempat sebagai lethok. Di warung Nasi Tumpang Bramen, lethok tidak hanya disajikan bersama nasi. Eny Rahayu (39) penjual nasi tumpang ternama di Klaten memberikan pilihan bubur nasi yang gurih sebagai teman lethok. Di warung ini, bubur lethok disajikan lengkap. Bubur nasi ditata di atas piring dan diberi lauk urap yaitu irisan pepaya muda, daun pepaya, dan nangka yang telah direbus terlebih dahulu. Selanjutnya diberi lalapan kemangi dan petai cina lalu ditaburi bubuk kedelai. Bubur lalu disiram kuah sambal tumpang atau lethok.

Dari sekian jenis itu yang menjadi menu spesial adalah nasi tumpang istimewa komplit. Menu ini disajikan lengkap dengan koyor (sesetan otot daging sapi), telur rebus, krecek dan kurapan gudangan daun kates, bayem, nangka muda serta daun jeruk.

Lethok merupakan hidangan tempe yang sengaja dibusukkan dan dimasak dalam kuah santan berbumbu bawang putih, bawang merah, daun salam, dan cabai mentah utuh. Hasilnya tempe memberikan aroma semangit yang menggiurkan. Khusus di warung Bramen, lethok istimewa sekali karena Eny memberikan isian potongan tahu, koyor sapi, dan telur rebus. Pengunjung bisa memilih salah satu saja atau semuanya.

Satu porsi bubur/nasi lethok lengkap harganya Rp. 13.000,-. Tambahan lauk tersedia telur ceplok dan ayam goreng kampung. Pilihan menu nasi pecel juga tersedia dengan harga mulai Rp. 5.000,-. Warung yang buka dari pukul 5 pagi hingga lewat dari pukul 1 siang. Bahkan bisanya ludes sebelum waktu tutup. Warung yang berdiri 15 tahun lalu ini dapat menampung 70 orang saat sedang ramai-ramainya. Selamat mencoba di : Jl. Mayor Kusmanto, Sungkur, Sekarsuli, Klaten, Jawa Tengah (selatan Tugu Pandawa Lima). Telp. 081393902424.