Rumah Makan Unik P-3 Joyo Wonosari


Sejalan dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Gunungkidul, dibarengi dengan maraknya rumah makan di kabupaten terluas di DIY ini. Salah satunya adalah rumah makan bernuansa khas dan unik yang berlokasi di Jalan Ring Road Selatan Tegalsari Wonosari.

Rumah makan P-3 Joyo (Putri Joyo) ini, menyediakan menu khas ayam bakar dan goreng dengan aneka sambal. Keunikan yang ada di rumah makan yang berlokasi dari Simpang Empat Tegalsari ke arah timur sekitar 200 meter ini, selain tempatnya yang strategis, nyaman juga bernuansa sejarah. Banyak ornamen di rumah makan ini yang bernilai sejarah Kabupaten Gunungkidul di antaranya Bupati Gunungkidul sejak 1939 hingga 2014, juga Raja Mataram Yogyakarta sejak Hamengkubuwono I - X, Presiden RI sejak I hingga VI. Tak ketinggalan sejarah berdirinya Kabupaten Gunungkidul.

Menurut pemilik RM P-3 Joyo, Ade Jumino, bahwa penampilan rumah makannya memang dibuat unik, agar membikin kerasan bagi para pengunjung, sekaligus menambah wawasan tentang Gunungkidul. Bagi penggemar sambal, aneka sambal yang disajikan di antaranya sambal terasi eksta pedas, sambal kemangi, sambal jeruk nipis, sambal terong, dan jenis sambal lainnya. " Saya memang menyiapkan menu yang lain dari rumah makan yang ada," kata Ade Jumino.

Demikian pula menu ayam yang disajikan benar-benar ayam kampung asli, yang berasal dari para peternak tradisional di Gunungkidul.

Ayam bakar yang disajikan di rumah makan ini dipanggang diatas wajan tanpa menggunakan penyedap rasa, tetapi menggunakan bumbu-bumbu tradisional, sehingga menimbulkan rasa yang benar-benar khas tradisional.

Menikmati ayam goreng atau ayam bakar di rumah makan ini, akan lebih nikmat dengan minuman teh poci ginastel (legi panas kentel) gula batu dan aneka minuman jus. Rumah makan ini cocok untuk pesta ulang tahun, syukuran maupun sekedar melepas penat dari kesibukan sehari-hari bersama rekan dan mita kerja.

Menurut Ade Jumino, selain para wisatawan dari luar daerah yang sudah menjadi pelanggan di rumah makan ini, Bupati Gunungkidul Hj. Badingah S.Sos. beserta jajarannya juga menjadi pelanggan di rumah makan unik ini. Belum lama ini, bupati juga mengajak para insan pers dan sejumlah pejabat untuk menikmati makan siang di rumah makan ini.