Sajian Belut Dalam Nasi Merah Lombok Ijo

Menyantap nasi merah dengan sayur lombok ijo memang sedap. Hidangan ini dikenal sebagai kuliner khas Gunungkidul dan telah menyebar di berbagai daerah. Di jalan Wates, tepatnya di Km 7 Dusun Pasekan Balecatur Sleman (persis di sebelah barat jembatan), ada satu warung yang mengkombinasikan nasi merah ini dengan menu unik yakni belut lombok ijo.

Warung ini bernama "Warung Makan Sego Abang Belut Ijo, Bu Murni". Banyak pelanggan yang sengaja datang ke warungnya ingin menikmati nasi merah plus belut lombok ijo. "Alhamdulillah nasi merah belut lombok ijo bikinan warung kami banyak yang suka," kata Murni saat ditemui di warungnya. Murni merintis usaha warung nasi merah ini, sejak lima tahun yang lalu. Setiap harinya buka mulai pukul 07.00-20.00 WIB. Menurut Murni, belut-belut itu ia beli di daerah Gdean Sleman yang sebelumnya mendatangkan dari daerah Lumajang, Jawa Timur.

Sementara, nasi merah, didatangkan dari Semanu Gunungkidul. Murni sendiri berasal dari Gunungkidul, sehingga memasak nasi merah sudah menjadi keahlian turun tmurun. Agar memiliki citarasa pedas, belut-belut digoreng terlebih dahulu, kemudian dioseng bersama irisan lombok ijo. Belut lombok ijo ini disajikan bersama Lencah. Menu pendamping nasi merah lainnya adalah daun pepaya. Agar tak berasa pahit, daun pepaya direbus bersama tanah liat/lempung. "Kita pakai tanah liat saat merebus daun pepaya, supaya tidak pahit," terangnya. Selain belut lombok ijo dan gudeg daun pepaya, menu pendamping lainnya adalah sayur/oseng lombok ijo, trancam dan oseng bunga pepaya.

Beragam lauk pendamping nasi merah juga tersedia disini, diantaranya tahu/tempe bacem, ayam kampung bumbu bacem, ati ampela, ikan wader, burung puyuh plus lalapan, bathok udang dan empal/babat serundeng. Berbagai olahan jamur juga ada, yaitu tongseng jamur, gule jamur, sop dan sate jamur. Untuk sambalnya, Murni menyediakan tiga pilihan yaitu sambal bawang, sambal petir dan sambel trasi mentah. Sementara untuk menu minuman, warung Bu Murni menyediakan wedang uwuh, teh teko gula batu, teh panas gula batu dan lain-lain. Bagi penggemar minuman Saparella juga bisa mendapatkannya di sini. Menu nasi merah beserta pendampingnya bisa dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau.

"Menu di tempat kami sangat murah sehingga terjangkau siapa saja," katanya sambil menambahkan, pihaknya menerima pesanan untuk berbagai acara.