PIE SUSU CENING YANG RENYAH

Bali memang sangat terkenal dengan pariwisatanya yang sangat indah dan mempesona. Namun, ternyata Pulau Dewata itu juga memiliki jajanan kuliner yang sangat enak dan sudah menjadi ciri khas dari pulau tersebut. Jajanan ini yaitu Pie Susu Cening, yang mana bentuknya menyerupai bunga matahari.

Jadi kulit roti yang dibentuk pipih serta cekung dan pada bagian tengahnya diisi dengan fla susu. Roti ini banyak digemari oleh wisatawan lokal dan domestik, lantaran harganya terjangkau dan cita rasa yang enak. Jajanan ini terdiri dari 2 rasa, yaitu rasa susu original (putih) dan coklat.

Cara pembutan pie susu ini sangat mudah, menggunakan bahan-bahan yang sederhana serta tanpa bahan pengawet. Hal ini dilakukan, lantaran hasil produksinya sehat dan bersih. Bahan yang digunakan untuk membuat kulit pie di antaranya mentega, susu, tepung, telur dan gula halus. Kemudian untuk flanya terbuat dari adonan gula pasir, kuning telur dan susu manis.

Cara membuat kulit pienya, dimulai dari membuat adonan dengan campuran bahan tepung terigu, gula halus dan mentega. Adonan itu diaduk selama 10 menit sampai 15 menit. Setelah adonan merata, dituang ke dalam cetakan kulit pie.

Sebelum dipanggang ke dalam oven, kulit pie harus diisi dengan fla dibagian atasnya. Cara membuat flanya dengan membuta adonan dari gula yang dicairkan, kuning telur dan susu kental manis. Untuk rasa tidak hanya yang berwarna putih saja, namun bisa menggunakan susu coklat.

Setelah adonan fla jadi, barulah dituangkan ke atas kulit pie dan dioven selama 90 menit, agar kematangannya merata. Setelah itu, sebelum melalui proses pengemasan, pie yang sudah matang didinginkan selama 15 menit. "Pie susu ini terasa enak, lantaran kami tidak pernah setengah-setengah dalam pemakaian bahan produksi. Selain itu juga, makanan ini juga sehat tanpa bahan pengawet. Kami juga menerapkan takaran bahan produksi dan proses pembuatan tersendiri, yang mana tidak bisa diungkapkan. Hal ini lantaran, sebagai salah satu ciri khas produk kami berbeda dengan pie yang lain," papar Kepala Operasional Produksi Pie Susu Ni Nengah Suryani, saat dikunjungi di tempat produksi di kawasan Kecamatan Batubulan, Kabupaten Gianyar.

Pie Susu ini hanya bertahan 2 minggu, dikarenakan tidak menggunakan bahan pengawet. Selain itu, makanan ini bisa dinikmati dengan menggunakan teh manis dan susu di pagi hai.

Untuk mendapatkan pie susu, hanya mengeluarkan Rp. 22.500 per-box, dengan isi 9 kue. Jika, wisata kembali, cobalah pie susu yang renyah ini, hmmmm... rasanya ingin menyantapnya kembali.