Ke Malang, Wajib Coba Bakso Bakar Pak Man yang Mantap

Wisata kuliner jadi agenda wajib kebanyakan traveler saat liburan. Jika Anda datang ke Malang, jangan lewatkan wisata kuliner khasnya yang lezat, yakni bakso bakar. Yummy!

Salah satu tempat bakso bakar yang terkenal di Malang adalah Bakso Bakar Pak Man di Jl Diponegoro 19, Malang. Pertama kali menginjakkan kaki di sini, kesan penuh dan selalu ramai pengunjung terlihat.

Ada banyak motor parkir di depan rumah makan sederhananya. Masuk ke dalam, hampir seluruh kursi terisi penuh.

Usut boleh usut, selain bakso bakar ternyata rumah makan ini juga menyediakan menu bakso kuah. Saya pun lantas memesan menu utama, yakni bakso bakar pedas.

Untuk Anda yang memesan bakso kuah, bisa langsung mengambilnya di gerobak kecil dalam ruangan alias self service. Anda bisa mengambil bakso, bihun atau tahu. Nanti, sang penjual akan memberikan kuah secukupnya.

"Jualan baksonya sudah mulai tahun 1965 tapi kalau bakso bakar sudah ada sejak tahun 1999-an," ujar penjual bakso, Pak Suwarno, Selasa (3/12/2013) lalu.

Ada kisah menarik di balik terciptanya bakso bakar. Kejadian tak sengaja justru berujung berkah.
"Awal mulanya pas buka bakso ternyata ada bakso yang jatuh dan terbakar api, terus dikasih bumbu kok enak, ya jadilah bakso bakar," ungkap Suwarno.

Tak sabar ingin mencoba, saya langsung menyantap bakso bakar yang ada di hadapan. Sebagai teman makan, saya juga mengambil beberapa butir bakso urat dan bakso biasa, serta satu buah tahu. Semuanya saya campur jadi satu dengan kuah bakso yang kental.

Sekali mencoba, rasa nikmat langsung mengisi mulut. Gurih dari kuah, pedas dari bakso bakar menyatu dengan sempurna. Belum lagi bakso urat yang sangat lembut. Benar-benar nikmat!

Harga satu porsi bakso bakar Rp 15.000/10 butir. Sedangkan bakso rebus harganya Rp 1.500/butir. Anda pun wajib mampir saat ke Malang.